..when life gives you a hundred reasons to cry..show life that you have a thousand reasons to smile..

Friday 6 September 2013

Egg Tart a.k.a Pie Susu

Project hari ini adalah Egg Tart a.k.a Pie susu.
Berhubung hari minggu siang besok mau ada acara arisan emak-emak, mama minta dibuatin pie susu ini buat suguhan tamu sebelum makan siang.
Jadilah seharian dari siang tadi ribet didapur bikin ini pie.

Egg Tart ala Lala Vanilla



Sekilas tentang egg tart atau dibeberapa daerah seperti Papua disebut kue lontar, adalah kue yang terbuat dengan base pastry crust/pie crust yang kemudian diberi filling yang terbuat dari campuran telur dan susu.
Egg tart yang menggunakan pie crust seperti ini lebih terkenal di Asia.
Ada juga yg basenya menggunakan puff pastry crust, dikenal dengan Portuguese egg tart. Serupa tapi tak sama. Portuegese egg tart fillingnya lebih creamy karena menggunakan fresh cream.

Waktu trial pertama kali buat, lupa pake resep yang mana, ubek-ubek buku resep gak ketemu. Akhirnya nyoba pake resep dari Bunda Ricke dari blog Ordinary Kitchen. Cuma ada yang sedikit aku rubah, aku tambahin susu bubuk di adonan crust-nya. Hehe..maaf bunda, resepnya di utak atik. :)

Ini dia resepnya.
:)

Egg Tart (Pie Susu)
by Ricke Indriani (Ordinary Kitchen)

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
400 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour
100 gram susu bubuk

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau garpu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
300 ml susu kental manis (kurang lebih 1 kaleng)
400 ml air
8 kuning telur, kocok lepas
30 gram tepung custard
1-2 sdt vanilla susu / rhum (optional)

Cara membuat:
  1. Campur susu kental manis dan air, aduk rata. Masukkan kuning telur. Aduk rata. Masukkan tepung custard dan vanilla / rhum. Aduk rata. Saring.
  2. Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak sampai penuh.
  3. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga filling set dan menguning.Angkat dan keluarkan dari oven.
  4. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat
Tips :
  • Kulit pie / crust bisa dipanggang langsung fillingnya, atau dipanggang terlebih dulu selama 10 menit untuk hasil yang lebih kering. Adonan crust juga bisa diganti dengan resep yang biasa dipakai.
  • Gunakan suhu rendah agar kulit pie bisa matang sempurna tapi tidak membuat filling cepat menggembung dan pecah karena suhu yang terlalu tinggi.
  • Patokan lama memanggang berbeda-beda, sesuaikan dengan oven masing-masing walau dengan settingan suhu yang sama.
  • Jangan memanggang hingga filling menggembung tinggi bahkan pecah. Jika menggembung tinggi dan pecah, ketika keluar dari oven dan dingin akan menjadi terlalu cekung dan mengkerut. Dari segi rasa gak ada masalah, cuma tampilannya aja yang gak mulus.
  • Sering perhatikan pie, jika filling sudah mulai naik mengembang, segera keluarkan dari oven. Jika dirasa kulit belum cukup kokoh, rendahkan lagi syhunya dan lanjutkan memanggang.
  • Jumlah pie yang dihasilkan tergantung dengan ketebalan kulit pie dan ukuran cetakan. Jika adonan filling masih bersisa, sedang adonan kulit habis, silahkan membuat kembali tambahan adonan  untuk kulit. Atau sebaliknya.
Penampakan orderan mama.. :D

  

Oke, selamat mencoba..
:)

No comments:

Post a Comment