..when life gives you a hundred reasons to cry..show life that you have a thousand reasons to smile..

Tuesday 10 September 2013

Apple Pie

Ini project hari sabtu kemaren, tapi seperti biasa, males buat posting. Haha..
Sebenernya, pie apel yang satu ini bikinnya pake bahan sisa buat pie susu yang sebelumnya uda diposting. Jadi daripada bahan-bahan kue pada numpuk di lemari penyimpanan, ya sudah, di eksekusi aja dalam bentuk pie apel.

Nah, karena males nyari dan buka-buka resep (kebiasaan jelek..), kali ini adonan kulit / crust pakai resep yang sama seperti pie susu. Kalau memang mau diganti dengan adonan crust yang lain juga boleh. Beberapa resep memang ada yang menggunakan air es dalam pembuatan adonan, seperti di resepnya Bunda Ricke dari Ordinary Kitchen. Jadi, terserah saja, mau pakai resep dibawah sini atau pakai resep yang lain.
:)


Apple Pie




Apple Pie
Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
400 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour
100 gram susu bubuk

Cara membuat:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau garpu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Sisihkan.

Bahan filling:
4 buah apel (bisa pakai apel Malang atau apel Granny Smith), kupas dan potong kotak
50 gram kismis, cincang
150 gram gula palem / gula pasir (sesuai selera)
100 gram tepung custard
1 sdt kayu manis bubuk
1 sdm margarin
1 butir kuning telur, untuk olesan

Cara membuat:
  1. Tumis apel yang telah dipotong kotak kecil dengan margarin sampai agak layu. Tambahkan kismis, gula palem / gula pasir dan kayu manis bubuk. Aduk rata. Masukkan tepung custard yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Aduk rata sampai adonan meletup dan matang.
  2. Tuang filling ke dalam adonan kulit pie yang sudah dicetak, lalu tutup dengan adonan kulit. Olesi permukaan pie dengan kuning telur.
  3. Panggang dalam oven suhu 160'C selama 45 menit hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan keluarkan dari oven.
  4. Diamkan sekitar 10 menit hingga hangat, baru keluarkan dari cetakan. Dinginkan. Simpan di lemari es/kulkas agar lebih nikmat



Tips : 
  1. Jangan mengaduk adonan crust / kulit dengan tangan langsung. Panas dari tangan akan membuat hasil pie menjadi tidak renyah. 
  2. Untuk pentup bagian atas, bisa dikreasikan dengan berbagai ide. Misal,  
  • Dipotong memanjang untuk membentuk lattice (anyaman). 
  • Langsung diletakkan selembar di atas loyang dan bentuk lingkaran sesuai loyang, kemudian tekan-tekan pinggirannya agar merekat dan buat sayatan (lubang) di beberapa tempat untuk tempat keluarnya uap panas. 
  • Dibentuk dengan cookies cutter kemudian tata di atas loyang. 

Oke, selamat mencoba ya..
:)

No comments:

Post a Comment