..when life gives you a hundred reasons to cry..show life that you have a thousand reasons to smile..

Thursday 4 July 2013

Cake Tape




Sebenernya ini kue uda lama banget bikinnya. Tapi pengen aja di masukin ke blog saya yang belum  ada peminatnya ini. Hehe.

Adonan dasarnya sih cuma cake tape biasa. Semua orang pasti uda bisa bikinnya. Nah, disini saya cuma mau share aja, sapa tau ada yang belum pernah bikin. Itung-itung sekalian mgumpulin resep yang terbengkalai karena tersebar ke segala penjuru rumah. :)

Resepnya simpel, karena saya pake resep dari Sedap Sekejap Edisi Pemula. Bahannya cuma tepung, margarin, telur,  gula, santan, dan gak lupa tape singkong. Tapi, ada sedikit bahan dan cara pembuatan yang sedikit saya utak atik.

Yuk, liat resep lengkap dan cara pembuatannya.

Bahan :
  • 125 ml Santan
  • 150 gr Tape singkong, dihaluskan
  • 4 butir Telur
  • 200 gr Gula pasir
  • 150 gr Tepung terigu
  • 50 gr Margarin. cairkan
  • 50 gr Kenari sangrai untuk taburan (kalo saya diganti sama keju parut dan coklat chip)
Cara Pembuatan :
  1. Aduk santan bersama tape hingga lembut.
  2. Dala wadah lain, kocok telur bersama gula sampai kental dan mengental.
  3. Tambahkan tepung terigu sambil diayak, lalu aduk petlahan.
  4. Tuangkan adonan tape. Aduk kembali. Terakhir masukkan margarin cair. Aduk rata.
  5. Tuang adonan ke loyang persegi 20cm yang telah diolesi margarin dan dialasi kertas. Taburkan kenari panggang. Oven sampai matang.
  6. Kalo saya, adonan dituang kedalam cup kertas. Oven sampai 3/4 matang. keluarkan dari oven, lalu olesi permukaan cake dengan kuning telur. Taburi keju parut dan coklat chip. Oven kembali hingga matang.

Tips :
  • pilih tape singkong yang manis, tapi jangan pilih yang berair.
  • Bila takut kue turun akibat terlalu sering diaduk, campur tape, santan dan margarin hingga pengadukannya tidak dilakukan berulang-ulang.


Semoga postingan diatas bermanfaat.
:)

No comments:

Post a Comment